Semen Indonesia

SEMEN INDONESIA : GREEN INDUSTRY SEMEN INDONESIA & DIGITAL CAMPAIGN

“Di luar sana ada perang kawan, perang dunia. Hal ini bukan mengenai siapa yang paling banyak memiliki peluru, tetapi siapa yang menguasai informasi. Apa yang kita lihat dan dengar, apa yang kita pikirkan… semuanya adalah mengenai informasi!” [Cosmo, Sneakers The movie]

Informasi, pengetahuan adalah kekuatan. Jika anda menguasai informasi, anda akan menguasai dan mengendalikan masyarakat.” [Tom Clancy]

Pengertian Wisata Green Industry

Wisata Green Industry adalah wisata yang dipadu dengan kunjungan industri yang ramah lingkungan. Ramah Lingkungan disini artinya industri (baca: perusahaan) tersebut masih memperdulikan lingkungan sekitar dan bukan hanya berorientasi pada profit perusahaan semata. Selain itu, aspek human being juga dijunjung tinggi.

Hal tersebut di atas, di PT Semen Indonesia Tbk dikenal dengan nama Tripple Bottom Line (Profit, People dan Planet). Artinya, aspek lingkungan dan masyarakat sekitar pabrik menjadi bagian penting bagi Semen Indonesia, karena perusahaan tidak hanya sebatas berorientasi pada profit semata.

Digital Campaign sebuah Kaharusan

Semen Indonesia selaku holding company bisnis persemenan nasional mengimplementasikan dengan cara menyelenggarakan Wisata Green Industry PT Semen Indonesia bertujuan untuk memperkenalkan bisnis persemenan kepada masyarakat, terutama mereka yang fokus di dunia sosial media ataupun blogger. Karena ditangan merekalah opini publik positif dapat terbentuk, meskipun pihak manajemen Semen Indonesia belum melakukan Kampanye Online (baca: Digital Campaign) untuk membangun reputasi yang selama ini dipandang sebelah mata oleh pihak-pihak yang hanya melihat dari satu sisi.

Ilustrasi Digital Campign

Meskipun kami tidak masuk Tim Sukses Jokowi-JK dalam Pilpres 9 Juli kemarin, setidaknya kami mengetahui persis Digital Campaign dan beberapa aktor di belakang layar yang selalu membuat opini publik serta pencitraan buat Jokowi-JK. Setiap kali Jokowi melakukan kunjungan, beliau selalu diikuti oleh:

  • 1 orang Pemegang Camera Video
  • 1 orang Pemegang Camera DSLR
  • 1 orang Pemegang Sosial Media
  • 1 orang Pemegang Editing Foto/Video
  • 1 orang Pemegang Unit Website

Orang selalu berasumsi, keberhasilan Jokowi dalam digital campaign di Sosial Media berkat usaha keras dan cerdas Cyber troops yang bernama Jasmev (Jokowi-Ahok Social Media Volunteers) yang dikomandani Kartika Djoemadi. Ada lima faktor keberhasilan Jokowi-JK menang di Pilpres 9 Juli 2014 :

  1. Peran Media Sosial
  2. Pencitraan Figur
  3. Keberhasilan Kinerja
  4. Low Profile
  5. Programnya Realistis

Berikut ini yang pernah kami lakukan untuk pencitraan Joko Widodo sebagai RI di website PaciranLamongan dot Com dengan cara membuat berita tentang beliau mulai 15 Desember 2013 sampai 5 Mei 2014 dan total artikel yang kami buat lebih dari 150 artikel.

Berikut ini screenshot nya:

Optimasi keyword “Presiden yang Berpotensi Menang” pada Pemilu 2014
Optimasi keyword “Pasangan Joko Widodo”, ketika Pemilu 2014

***

H-1 kami mendapatkan pesan singkat yang berisikan tentang CP koordinator pemberangkatan, kami juga heran ini pesan singkat apa? sebab kami didaftarkan oleh Koordinator Komunitas Netizen Tuban sehingga merasa kaget akan hal ini. Kami juga melakukan googling dan ternyata pendaftaran Wisata Green Industry di website resminya sudah ditutup karena overload peserta.

Dalam benak kami, ini adalah acara langkah yang harus kami ikuti untuk menjalin sillaturrahim antar sesama blogger se-NKRI. Sebab sejak tahun 2010 kami harus mengikuti acara serupa baik Gathering, Kopdar, Seminar di Bandung, Jakarta, Jogjakarta, Surabaya, dan Bali. Alhamdulillah, acara kali ini dekat rumah yaitu di PT Semen Indonesia Tbk Project Tuban yang belamatkan di Desa Sumberarum Kecamatan Kerek yang berjarak + 25 km dari rumah kami.

Dalam acara Wisata Green Industry yang diselenggarakan PT Semen Indonesia Tbk yang dibantu oleh TIK Cerdas, Team Sosmed Semen Indonesia dan Unit Website ini beberapa hal yang mau kami ingin tahu, antara lain:

  • Apakah di Kabupaten Lamongan terdapat Komunitas Blogger?
  • Kenal lebih intensif dengan Blogger Bojonegoro
  • Stakeholder PT Semen Indonesia mengetahui bahwa FAUZUL FIDZIKRI adalah Internet Marketer yang fokus di dunia Digital Campaign
  • Pernah belajar di PT Asian Brain Internet Marketing Center, sekolah Online Pertama dan Terbaik di Indonesia; di bawah bimbingan Anne Ahira, River Maya, Dini Shanti, dan Sumbodo Malik

Demikian catatan Wisata Green Industry ini dibuat. Jika ada kesalahan itu karena kami adalah makhluk kasar dan bukan makhluk halus. Saran dan kritik yang membangun sangat kami harapkan.

Be the first to comment on "Semen Indonesia"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*