Penemu Coca Cola John Stith Pemberton

BIOGRAFI JOHN STITH PEMBERTON – PENEMU COCA COCA MATI DALAM KEADAAN MISKIN

Hampir semua orang tidak mengira bahwa Penemu Coca Cola John Stith Pemberton merupakan seorang ahli farmasi. Keahlian Pemberton dalam bidang farmasi sehingga ia ahli dalam meramu obat-obatan yang ampuh untuk masyarakat. Pertama kali, ia mengobati sakit kelapa dengan membuat minuman dari biji kacang cola dan koka. Atas dasar inilah, Pemberton serius untuk berbisnis, pertama kali Pemberton bereksperimen membuat minuman berfermentasi (alkohol) yang dicampur dengan biji kacang kola. Karena saat itu, minuman beralkohol dilarang, maka Pemberton hanya membuat minuman dengan campuran biji kola. Sampai saat ini resep Pemberton masih menjadi misteri.

Penemu Coca Cola, John Stith Pemberton

Itulah sejarah awal karir Penemu Coca Cola Pemberton yang menjadikan minumannya menjadi nomor satu di dunia. Di tahun 2011, Coca Cola menjadi merek dagang yang berpengaruh dimasanya. Untuk itu, simaklah cerita singkat perjalanan Pendiri Coca Cola Pemberton.

Penemu Coca Cola John Stith Pemberton Ternyata Dokter di Bidang Farmasi

Dr. John Stith Pemberton merupakan lulusan kedokteran Universitas Philadelphia. Dr. Pemberton ahli di bidang farmasi ini lahir pada 8 Juli 1831 di Georgia, Amerika Serikat. Pemberton merupakan anak pasangan Martha L. Worsham dan James Clifford Pemberton. Aktivitas Pemberton diisi dengan membuat obat-obatan dan juga bekerja sebagai ahli farmasi. Saat terjadi perang saudara di Amerika Serikat, Pemberton menjadi tentara.

Hikmah Perang Saudara di Amerika Serikat

Ternyata perang saudara di Amerika Serikat telah membawa hikmah bagi Pemberton. Hikmah tersebut adalah Pemberton mengalami luka yang parah di bagian perut. Karena luka ini Pemberton harus bergantung pada morfin (pain killer). Harga morfin yang terlalu mahal, sehingga membuat Pemberton membuat “morfin” yang diramunya sendiri dengan menggunakan biji kola dan kokain. Maklum, Pemberton merupakan seorang ahli farmasi. Minuman ini akhirnya diberi nama French Wine Cola. Ini merupakan cikal bakal Coca Cola Company. Seandainya, Pemberton tidak terluka ketika perang sudah dapat dipastikan minuman Coca Cola tidak akan pernah ada.

Awal Mula John Stith Pemberton Menjual Minuman Cola

Akhirnya, Pemerintah Amerika Serikat melarang penjualan kokain karena sudah memakin menjamur dimana-mana. Pemberton pun tidak tinggal diam, dia melakukan eksperimen membuat minuman lain dengan menghilangkan unsur kokain. Berdasarkan sejarah Coca Cola Company, eksperimen Pemberton kali ini secara tidak sengaja mencampurkan sirup bersoda ke dalam larutan minuman biji kola. Setelah dicoba ternyata rasanya lebih enak, Pemberton berfikir untuk menjualnya minumannya dipasaran daripada membuat obat.

John Stith Pemberton dan Minuman Coca Cola

Minuman ini dijual secara masal bersama patnernya Frank Mason Robinson. Mereka berdua pun meramu secara manual minuman tersebut dengan menggunakan bahan baku sirup soda, biji kola, asam sitrat, dan gula. Keduanya berusaha dengan keras menjual produknya berkeling Georgia, terkadang mereka membaginya secara gratis, penjualan ini ternyata tidak bisa meningkat.

Evaluasi pun dilakukan mereka berdua selama setahun. Ternyata, Pemberton tidak ahli dalam menjual produk minumannya dipasaran, tapi Pemberton berharap bahwa minumannya bisa dinikmati oleh semua orang di seluruh dunia.

Penemu Coca Cola John Stith Pemberton Akhirnya Menjual Resep

Seorang pedagang kaya kaya Asa Candler akhirnya membeli resep Pemberton seharga 2.300 dolar AS. Langkah pertama yang dilakukan Candler adalah memberikan kemasan minuman tersebut. Seandainya Pemberton tahu bahwa saat ini Coca Cola Company menjadi perusahaan raksasa, mungkin dia tidak akan melakukan tindakan ini.

Pertama kali, dengan berlebelkan “Coca Cola” dijual di sebuah kedai untuk menarik penunjung. Cara ini cukup ampuh, karena hanya beberapa jam, minuman Coca Cola tersebut langsung habis. Perusahaan Coca Cola Company didirikan Asa Candler pada tahun 1892.

Nasib Penemu Coca Cola John Stith Pemberton

Pada tahun 1888, Penemu Coca Cola Pemberton meninggal dunia dalam keadaan masih ketagihan morfin dan miskin. Siapa yang menyangka seorang Pemberton mati dalam keadaan miskin?

Memang sangat berisiko untuk mengambil keputusan menjual resep minuman Coca Cola kepada Asa Candler. Hal ini dilakukan Pemberton agar minumannya bisa dinikmati masyarakat dunia hingga masa mendatang.

Akhirnya, Pemberton menjual resep minuman Coca Cola karena sangat bangrut dan membutuhkan uang untuk kesehatannya.

Be the first to comment on "Penemu Coca Cola John Stith Pemberton"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*