CEO Youtube Susan Wojcicki

SUSAN WOJCICKI – CEO YOUTUBE WANITA YANG HEBAT

Susan Diane Wojcicki merupakan pengusaha wanita yang dilahirkan di San Mateo County, California, Amerika Serikat pada tanggal 5 Juli 1968. Sejak Februari 2014, Susan Wojcicki menjabat sebagai CEO YouTube. Wanita cantik dan cerdas ini merupakan lulusan Harvard University pada 1990.

Adanya asumsi di masyarakat bahwa wanita tugasnya hanya di dapur dan di kasur. Wanita itu hanya sebatas sebagai ibu rumah tangga yang harus mengurus serta mendidik anaknya dan menyambut suami jika pulang kerja. Kesetaraan gender merupakan isu terkini sehingga banyak wanita sukses dan lebih. Wanita yang dimaksud adalah Susan Wojcicki CEO Youtube.

Sebelum menjabat CEO Youtube, Susan Wojcicki memegang peranan strategis di Youtube sebagai Senior Vice President for Adsan Commerce. Kontribusi, loyalitas, dan dedikasi Susan Wojcicki yang pada akhirnya membuat karir meroket pada posisi puncak tertinggi di perusahaan Youtube. Susan Wojcicki menggantikan Salar Kamangar yang menjabat CEO Youtube sejak 2010.

Baca juga : Biografi Sergey Brin – Pendiri Google Inc

Susan Wojcicki – Keluarga & Pendidikan

Susan Wojcicki dilahirkan di lingkungan dunia pendidikan. Susan Wojcicki merupakan anak pertama dari 3 bersaudara, yaitu: Janet Wojcicki (antropolog dan ahli epidemiologi) dan Anne Wojcicki (CEO of 23and Me). Ayah Susan merupakan profesor fisika di Stanford University sedangkan ibunya adalah seorang jurnalis dan pendidik berdarah Jerman-Yahudi. Ketika masih muda Susan sangat menyukai minatnya terhadap dunia ilmu pengetahuan dan teknologi.

Tahun 1990, Susan Wojcicki menyelesaikan pendidikan sarjana strata satu di Harvad University. Pendidikan S2 Master Ekonomi di University of California, Santa Cruz pada 1993. Beliau juga menyelesaikan Master’s in Business Administration (MBA) di UCLA Anderson School of Management pada tahun 1998 di bidang administrasi binis.

Karir Susan Wojcicki

Sebelum menjadi CEO Youtube, Susan Wojcicki pernah menjabat sebagai Manajer Pemasaran Google pada 1999 dan menjadi marketing di Intel serta konsultan manajemen di Bain & Company dan RB Webber & Company.

Ketika bekerja di Google Inc, Susan fokus pada program viral merketing untuk projek Google Doodles. Google Doodles merupakan logo-logo Google yang telah dimodifikasi untuk ditampilkan di negera yang support Google ketika ada even atau peringatan tertentu. Selain Google Doodles, Susan juga memiliki konstribusi yang besar untuk mengembangkan Google Books dan Google Images.

Baca artikel terkait : Biografi Larry Page – Pendiri Google Inc

Sebenarnya Susan Wojcicki dibesarkan di perusahaan Larry Page dan Sergey Brin. Di perusahaan ini Susan juga pernah menjabat sebagai Senior Vice President of Advertising & Commerce. Jabatan tersebut menuntutnya untuk fokus pada pengembangan Google AdWord, Google Adsense, Google Analytics dan DoubleClick.

Susan Wojcicki harus bertanggung jawab untuk 96% dari pendapatan Google AdWord dan Google Adsense, karena Google Adsense merupakan sumber penghasilan terbesar kedua.

Susan Wojcicki mengusulkan kepada Dewan Google agar segera mengakuisi Youtube dan DoubleClick. Pada tahun 2006, Youtube diakuisisi Google sebesar USD 1.65 miliar dan DoubleClick USD 3.1 pada tahun 2007. Beliau pada akhirnya ditunjuk oleh Google sebagai Senior Vice President of YouTube dan CEO Youtube pada Februari 2014. Maka tak heran jika pada tahun 2010, 2011, 2012 dan 2013 majalah Fortune memberikan gelar kepada Susan sebagai “50 Most Powerful Women in Business”. Beliau juga mendapat penghargaan dari Majalah Forbes sebagai “The World’s 100 Most Powerful Women” pada tahun 2011, 2012, 2013, 2014. Dan di lingkungan Google dikenal dengan sebutan “The Most Important Person In Advertising” dan “The Most Important Googler You’ve Never Heard Of”.

Be the first to comment on "CEO Youtube Susan Wojcicki"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*