Biografi Dwi Soetjipto

DWI SOETJIPTO : TRANSFORMASI KORPORASI SEMEN GRESIK MENJADI SEMEN INDONESIA

Biografi Dwi Soetjipto

DWI SOETJIPTO lahir di Surabaya pada tanggal 10 November 1955 (59 tahun). Pada tanggal 28 November 2014 Dwi Soetjipto diangkat oleh Presiden Joko Widodo sebagai Direktur Utama PT Pertamina (Persero), beliau menggantikan Karen Agustiawan yang telah mengundurkan diri.

Sebelumnya, DR. IR. DWI SOETJIPTO, M.M. adalah Direktur Utama PT Semen Indonesia (Persero) Tbk sejak tahun 2005 atau ketika masih bernama PT Semen Gresik (Persero) Tbk. Semen Indonesia yang merupakan holding company dari Semen Gresik, Semen Padang, Semen Tonasa, dan Thang Long Vietnam saat ini merupakan perusahaan semen terbesar di Asia Tenggara dengan kapasitas terpasang mencapai 30 juta ton per tahun di tahun 2013.

Direktur Utama PT Semen Indonesia 2012-2014

Industri semen sudah sangat mendarah daging bagi Dwi Soetjipto. Awal perkenalannya dengan industri semen sudah dimulai pada tahun 1981 ketika ia pertama kali bergabung dengan Semen Padang. Berbagai penugasan kemudian dijalani dengan baik sebelum akhirnya ditunjuk menjadi Direktur Litbang Semen Padang pada tahun 1995.

Tahun 2003 menjadi sebuah catatan dari kariernya ketika pemegang saham menunjuknya sebagai Dirut Semen Padang. Jabatan Dirut PT Semen Padang sangat menantang karena dihadapkan pada situasi konflik akibat tuntutan spin off. Berhasil mengatasi konflik, Dwi Soetjipto secara cepat melakukan perbaikan sehingga Semen Padang bertransformasi menjadi sebuah perusahaan yang sehat.

Dua tahun kemudian, Dwi Soetjipto kembali mendapat kepercayaan sebagai Direktur Utama PT Semen Gresik (Persero) Tbk. Tantangan yang harus dihadapi oleh Dwi Soetjipto kali ini lebih besar karena harus menyatukan tiga BUMN semen yang masing-masing memiliki ‘fanatisme’ sendiri. Ia memimpin langsung proses transformasi perusahaan sebelum akhirnya berubah menjadi Semen Indonesia Group.

Dwi Soetjipto juga sukses mendorong Koperasi Warga Semen Gresik (KWSG) sebagai koperasi terbaik di Indonesia, bahkan berpredikat internasional, menjadi 300 koperasi terbesar di dunia, menduduki ranking ke-233 per November 2013 berdasarkan International Cooperative Alliance (ICA).

Artikel Lain : Wisata Green Industry PT Semen Indonesia : Antara Tantangan, Harapan Dan Peluang

Karir Dwi Soetjipto

Dwi Soetjipto memiliki karir sebagai berikut:

  • 2014-2017       Direktur Utama PT Pertamina (Persero)
  • 2012-2014       Direktur Utama PT Semen Indonesia
  • 2005-2012       Dirut PT Semen Gresik
  • 2003-2005       Dirut PT Semen Padang
  • 1995-2003       Direktur Litbang PT Semen Padang
  • 1990-1995       Kepala Personalia PT Semen Padang
  • 1998-2003       Komisaris Utama PT Igasar
  • 2000-sekarang Koordinator Bidang Diklat dari Institut Semen dan Beton Indonesia
Dwi Soetjipto, Dirut PT Semen Gresik 2005-2012

Pendidikan Dwi Soetjipto

Dwi Soetjipto merupakan lulusan dari Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) tahun 1980. la melanjutkan pendidikan Magister Management di Universitas Andalas, Padang, dengan predikat Cum Laude. Pada tahun 2009, ia mendapatkan gelar Doktor Strategic Management dari Universitas Indonesia

Penghargaan Dwi Soetjipto

Sejumlah penghargaan diterima Dwi Soetjipto dalam kapasitasnya sebagai nakhoda Semen Indonesia, antara lain The Best CEO 2013dari Bisnis Indonesia, Tokoh Finansial Indonesia dari majalah Investor dan Satya Lencana Pembangunan pada tahun 2012.

***

Terlepas dari semua, kami tertarik dengan Biografi DWI SOETJIPTO CEO PT Semen Indonesia (Persero) Tbk karena ketika Wisata Green Industry pada tanggal 13 Desember 2014 bertempat di PT Semen Indonesia Project Tuban kemarin mendapatkan hadiah buku dengan judul ROAD TO SEMEN INDONESIA : Transformasi Koorporasi Mengubah Konflik Menjadi Kekuatan

Kami pun memanfaatkan buku tersebut untuk mengetahui lebih intensif tentang Semen Indonesia dan mereview dalam web kami.

Kami sangat terbuka dengan saran maupun kritik yang konstruktif.

Semoga Semen Indonesia Go Public

Be the first to comment on "Biografi Dwi Soetjipto"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*