Biografi Bill Gates

BIOGRAFI BILL GATES – PEMILIK MICROSOFT (1)

BILL GATES dilahirkan di Seatle, Washington, Amerika Serikat pada tanggal 28 Oktober 1955, memiliki nama lengkap William Hanry Gates III merupakan anak kedua dari tiga bersaudara. Anak pasangan dari William Hanry Gates, Sr. dan Mary Maxwell Gates ini merupakan keluarga menengah ke atas. William Hanry Gates berprofesi sebagai pengacara ternama, sedangkan Mary Maxwell Gates merupakan anggota dewan direktur United Way dan First Interstate BancSystem.

Bill Gates, Pemilik Microsoft

Kehidupan Awal Bill Gates

Di usia 8 tahun, Bill Gates sudah menunjukkan tingkat kecerdasan yang luar biasa dibanding anak seusianya. Buku esiklopedia yang dibelikan ayahnya selesai dibaca dalam satu minggu, itupun masih membaca beberapa buku ayahnya yang lain. Bill Gates ketika di kelas 4 SD berhasil mengumpulkan tugas Biologi sebanyak 7 lembar dari 3-4 lembar yang diperintahkan oleh gurunya. Selain itu, nilai ulangan Matematika Bill Gates setalu tertinggi di kelasnya.

Baca artikel :

William Hanry Gates mulai tertarik dengan dunia komputer ketika sekolah menengah di Lakeside School, Seatle. Likesite merupakan sekolah pertama yang memakai komputer di Amerika Serikat, juga muridnya memdapatkan perhatian khusus serta dorongan semangat yang tinggi.

Tahun 1968, Bill di usia 13 tahun mulai jatuh cinta dengan komuter, ketika Lakesite memperoleh bantuan Teletype dari General Electric. Teletype merupakan peralatan teleprinter. Mesin ini setelah diketik perintah atau pertanyaan, ia akan mengetik jawaban dari PDP 10 dalam hitungan detik. Teletype dihubungkan dengan unit komputer PDP 10 milik sever General Electric sejauh beberapa kilometer dengan kabel telepon. Bill pun penasaran untuk mengetahui cara kerja dari Teletype tersebut.

Karena Likesite School hanya menerima satu unit Teletype, pemakaiannya pun bergantian. Selain itu, biaya sewa Teletype yang mahal sehingga dewan guru memutuskan untuk mengadakan bazar sekolah, dan keuntungan bazar tersebut bisa digunakan untuk menyewa Teletype. Penggunaan Teletype yang menggunakan sistem antrian siswa, sehingga membuat Bill berfikir untuk bisa menguasai atau bahkan bisa menciptakan alat yang sama. Inilah proses awal kebangkitan dari perusahaan perangkat lunak Microsoft.

Baca juga :

Karya pertama Bill adalah program mainan (game) komputer sederhana. Bill pun sering berdebat dengan guru-gurunya karena rasa ingin tahunya, sehingga banyak yang jengkel dengannya. Di Lakesite, Bill bertemu Paul Allen. Mereka mempunyai ketertarikan yang sama, yaitu di bidang komputer.

Proyek-proyek Bill Gates

Bertempat di garasi rumah Bill Gates, bersama Paul Allen, Richard Weiland, dan Kent Evans mereka membuat Lakeside Programmers Groups. Setelah beberapa bulan, mereka menerima surat tawaran di Computer Center Corporation dan disewa untuk mencari kelemahan program mereka. Proyek pertama ini diberi nama Computer Corporation dan disingkat menjadi C-Cubes. Untuk menyelesaikan proyek ini Bill sampai tidak tidur dua hari, dan jadwal tidurnya juga amburadul. Hal ini telah membuat orang tua Bill Gates khawatir sehingga beliau menyuruh Bill untuk istirahat belajar komputer selama sembilan bulan.

Beberapa tahun kemudian. Bill yang haus akan ilmu Matematika, memutuskan untuk mengikuti kuliah di Universitas Washington sementara dia masih duduk di kelas 2 SMA Lokeside School. Menurut guru Bill, Fred Wright mengatakan bahwa Bill dapat mengambil jalan pintas pada komputer atau aljabar, menemukan memecahkan paling sederhana, dan istimewahnya ia pandai di semua mata pelajaran. Pada 1971, Bill sudah bisa membeli mobil sendiri ketika berumur 16 tahun.

Artikel lain :

Suatu ketika, Bill dan Paul Allen dicari oleh TRW sebagai ahli di bidang kesalahan program software (debug). TRW merupakan perusahaan raksasa ternama untuk bidang pertahanan yang bermarkas di Vancouver, Amerika Serikat. Banyak yang meragukan kemampuan Bill dan Allen ketika itu, termasuk beberapa eksekutif TRW.

Uang hasil kerja di TRW bersama Paul Allen digunakan untuk modal mereka membuat sebuah perusahaan yang bernama Traf-O-DATA.

Logo Microsoft dari Masa ke Masa

Bill Gate Kuliah di Harvard University, Cambrige, Massachusett USA

Pada 1973, Bill Gate diterima di Harvard University, Cambrige, Massachusett. Universitas Harvard merupakan universitas bergengsi dan kompetitif yang didirikan pada 1636 oleh John Harvard dari Inggris.

Di Universitas Harvard, Bill memilih jurusan Hukum, meskipun begitu dia lebih tertarik jadi ahli komputer daripada pengacara. Menurut Sam Zaimer, teman sekamar Bill, mengatakan bahwa Bill Gates bisa bekerja selama 36 jam tanpa istirahat.

Suatu ketika, Bill dan Paul melihat jalanan yang begitu macet. Mereka mempunyai ide untuk menawarkan program untuk mengatur lalu lintas kepada pemerintah daerah melalui perusahaan Traf-O-DATA, yang dibangunnya ketika masih SMA dulu. Program tersebut berhasil membuat lalu lintas berjalan dengan baik dan normal serta tanpa macet.

Proyek tersebut akhirnya dibatalkan, karena pemerintah telah mendapatkan bantuan dari pemerintah Federal dalam menganalisis lalu lintas secara gratis. Inilah akhir dari perusahaan Traf-O-DATA.

Be the first to comment on "Biografi Bill Gates"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*