Apa itu Internet Marketing ?

INTERNET MARKETING OVERVIEW

Internet Marketing itu seperti apa ya…?

Biar mudah untuk dipahami Internet Marketing itu bisa dilihat gambar di bawah ini :

Gambaran Internet Marketing

Penjelasan:

Jika Anda perhatikan gambar di atas, maka dapat disimpulkan bahwa Internet Marketing–yang kemudian nanti akan disingkat menjadi IM–di bagi menjadi 2 bagian, yaitu :

1. Sumber Penghasilan (Source of Income)

2. Cara Promosi (Traffic Generation)

Pada hakekatnya, untuk mendapatkan sumber penghasilan dari Internet Marketing, Anda cukup menggabungkan antara Sumber Penghasilan dan Cara Promosi.

Jika Anda sudah “cocok” Sumber Penghasilan dan Cara Promosi yang pas untuk Anda, maka penghasilan bisa terus mengalir drastis.

Dengan kata lain, untuk bisa berpenghasilan dari Internet Anda harus mencari Produk/Jasa yang cocok dan nyaman untuk Anda jalankan dan dipasarkan di mana.

Contoh:

Jika Anda menyukai anak-anak, maka yang perlu Anda lakukan adalah memilih produk mainan anak-anak. Nah langkah berikutnya adalah dimana kira-kira Anda bisa menjualannya. Jika Anda mau menjual secara ‘online’ tentu saja di marketplace Indonesia, seperti: Tokopedia, BukaLapak, Shopee, Lazada, Blibli, dan lain sebagainya.

Berdasarkan analogi di atas, Anda bisa membayangkan :

Produk Mainan Anak-anak = Source Income

Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Ladaza, Blibli = Traffic Generation

Dengan kata lain, jika Anda berhasil mengabungkan antara produk dan tempat yang tepat untuk promosi, maka insyaALLAH Anda akan bisa melihat hasilnya.

Sumber Penghasilan (Source of Income)di Internet

Dalam dunia online, yang namanya sumber penghasilan (source of income) itu ada banyak, bisa sampai jutaan macam produk yang bisa Anda pasarkan. Dan cara kerja mereka juga berbeda-beda. Cara kerja apa yang dimaksud? Yaitu cara kerja bagaimana Anda mendapatkan penghasilan atau komisi.

Pada dasarnya, sumber penghasilan di Internet dibagi menjadi 5 (lima), bagian:

1. Pay Per Click = Anda akan dibayar untuk setiap klik

2. Pay Per Lead = Anda akan dibayar untuk setiap referensi

3. Pay Per Sale = Anda akan dibayar untuk setiap penjualan

4. Menjualan Produk Sendiri

5. Lelang (auction)

Penjelasan:

Pay Per Click = Anda akan dibayar untuk setiap klik

Adalah program affiliate yang memberikan komisi berdasarkan klik pada iklan. Salah satu program pay per click yang cukup terkenal adalah Google Adsense. Anda cukup memasang iklan Adsense di situ Anda. Jika ada pengunjung yang mengklik iklan tersebut, maka Anda mendapatkan bayaran dari Google berdasarkan per klik.

Pay Per Lead = Anda akan dibayar untuk setiap referensi

Adalah program affiliate yang memberikan komisi berdasarkan data pelanggan yang Anda berikan. Contoh, di internet ada banyak perusahaan asuransi yang menginginkan data orang-orang yang membutuhkan asuransi. Jika Anda bisa mencarikan data pelanggan sesuai yang dibutuhkan oleh perusahaan asuransi misalnya, maka anda mendapatkan bayaran (komisi) untuk per satu leads/data prospek yang dikirim kepada mereka.

Pay Per Sale = Anda akan dibayar untuk setiap penjualan

Adalah program affiliate yang memberikan komisi dengan jumlan % tertentu yang telah ditentukan oleh vendor/pemilik produk (merchant) kepada para affiliate (internet marketer), dengan aturan komisi baru akan diberikan jika Anda berhasil menjualkan produk/jasa mereka. Contoh pay per sale yang cukup terkenal dan terbesar adalah Amazon.com & ClickBank.com

Amazon memberikan komisi dengan % tertentu bagi pada online marketer yang berhasil menjual produk-produk yang ada di situs Amazon.com

Be the first to comment on "Apa itu Internet Marketing ?"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*